Sudah banyak diketahui orang-orang di seluruh dunia bahwa kota Makkah yang berada di Arab Saudi adalah pusat kegiatan ibadah umrah dan haji. Kota suci ini memiliki iklim gurun yang suhunya dapat berubah ekstrem saat siang maupun malam.

Suhu udara juga dapat berbeda jauh antara musim dingin dan musim panas. Tercatat bahwa salju juga sempat mengunjungi kota ini. Semua masalah suhu udara dan cuaca ini pastinya membuat jemaah umrah dan haji asal Indonesia yang mempunyai iklim tropis menjadi kaget karena tidak terbiasa dengan suhu maupun cuaca di tempat ini.

Bahkan untuk kota Makkah angin kencang, hujan dan salju dilaporkan pernah turun pada bulan Januari 2016. Sontak fenomena yang satu ini menjadi ramai dan diperbincangkan publik di berbagai media sosial.

Meskipun suhu udara musim dingin di Makkah baru-baru ini tidak terlalu ekstrem, tetap saja jemaah umrah harus berangkat dan mempersiapkan diri sedini mungkin. Musim dingin pastilah akan membuat para jemaah yang berasal dari negara beriklim tropis seperti Indonesia menjadi tidak nyaman bahkan ada yang jatuh sakit karena perbedaan suhu dan iklim yang ekstrem. www.biayaumroh.org

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan bagi para jemaah yang akan pergi ke Makkah pada musim dingin. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat saya jabarkan hari ini.

Olahraga
Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga menjadi perisai pertama untuk membuat tubuh selalu prima dalam menghadapi perubahan cuaca yang ekstrem, termasuk diantaranya adalah suhu dingin yang siap menyerang tubuh dengan kejamnya.

Olahraga juga akan membantu fisik jemaah untuk menjalankan rangkaian ibadah umrah seperti tawaf dan sa’i yang seperti kita tahu membutuhkan banyak tenaga untuk berjalan kaki. Olahraga rutin juga sebaiknya dilakukan minimal tiga bulan sebelum keberangkatan jika tidak ingin kesehatan terganggu selama melaksanakan ibadah umrah.

Antisipasi Perjalanan
Anda harus memastikan bahwa perjalanan ibadah anda ke tanah suci lancar. Kejelasan ini dimulai dari detail penerbangan termasuk lokasi singgah dan maskapai hingga tempat menginap di lokasi-lokasi rute perjalanan, harus sudah didapat sejak awal.

Anda dapat memilih travel umrah terbaik yang dapat meminimalkan segala kerumitan persiapan terkait rencana keberangkatan ibadah umrah anda. Kemenag pun juga selalu menganjurkan jemaah untuk cermat dalam memilih biro perjalanan umrah ini.

Asupan Makanan
Aturlah asupan gizi harian anda sejak jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan. Ini untuk memastikan bahwa badan anda sehat saat berangkat begitu pula saat menjalan ibadah umrah. Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi air putih setiap hari.

Anda harus mengutamakan konsumsi dengan makanan yang mengandung protein dan karbohidrat yang tinggi. Anda dapat memilih nasi merah, roti gandum, kentang, biji-bijian dan masih banyak lagi untuk mencukupi gizi anda saat akan berangkat umrah.

Obat-obatan
Hal yang satu ini amat sangat tidak boleh terlewatkan sebelum berangkat umrah apa pun musimnya dan keadaannya adalah obat-obatan pribadi. Apapun cuacanya maka anda harus bisa menyiapkan obat-obatan yang anda perlukan.

Anda juga disarankan untuk mengkonsultasikan kesehatan anda kepada dokter anda mengenai persiapan menjelang keberangkatan ke Tanah Suci. Sebaiknya anda mengetahui apa saja penyakit yang mungkin dapat menyerang anda sehingga anda tahu obat-obat yang harus dibawa menuju ke Tanah Suci.

Busana & Pakaian
Dalam perjalanan umrah, tak setiap hari jemaah mengenakan ihram. Selama ihram, laki-laki hanya diperbolehkan untuk mengenakan dua lembar kain tak berjahit. Laki-laki wajib memakai ihram ketika menjalankan ibadah umrah.

Biasanya, ihram laki-laki untuk umrah adalah pada hari-hari pertama tiba di Makkah dari lokasi miqat yang sudah ditentukan serta saat menjalankan tawaf wada. Bagi jemaah perempuan, pakaian yang dipakai harus menutupi seluruh aurat. Namun, bagi perempuan untuk mengenakan penutup muka dan sarung masih dilarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *